Sabtu, 21 Agustus 2010

Saat Iblis Bertamu Kepada Rasulullah SAW

Ketika kami sedang bersama Rasulullah SAW di kediaman seorang sahabat Anshar, tiba-tiba terdengar panggilan seseorang dari luar rumah : "Wahai penghuni rumah, bolehkah saya masuk?sebab kalian akan membutuhkan ku."

Rasulullah bersabda : "Tahukah kalian siapa yang memanggil?"

kami menjawab: " Allah dan rasulNya lah yang tau."

rasulullah pun melanjutkan, "Itu Iblis, laknat Allah bersamanya."

Umar Bin Khatab berkata: "Izinkan aku membunuhnya, wahai rosulullah."



Nabi menahannya : "Sabar wahai Umar, bukankah kamu tahu bahwa Allah memberinya kesempatan hingga hari kiamat? Lebih baik kita bukakan pintu untuknya, sebab dia telah diperintahkan oleh Allah untuk ini dan pahamilah apa yang hendak ia katakan dan dengar dengan baik."

Ibu Abbas RA berkata: "pintu telah dibuka ,ternyata dia seperti seorang kakek yang catat satu matanya .Di janggutnya terdapat 7 helai rambut seperti rambut kuda, taringnya terlihat seperti taring babi ,bibirnya seperti bibir sapi.

Iblis berkata " salam untukmu Muhammad.Salam untuk mu para hadirin..."

Rasul menjawab: "Salam hanya milik Allah SWT, sebagai  mahluk terlaknat.Apa keperluanmu?"

iblis menjawab: "Wahai muhammad, aku datang kesini bukan atas kemauanku ,melainkan karena terpaksa."

"siapa yang memaksamu?"

-seorang malaikat dari utusan Allah telah mendatangiku dan berkata : "Allah SWT memerintahkanmu untuk mendatangi muhammad sambil menundukan diri. Beritahu muhammad tentang caramu dalam menggoda manusia, dan jawablah dengan jujur semua pertanyaannya. Demi kebesaran Allah ,andai kau berdusta satu kali saja ,maka Allah akan jadikan dirimu debu yang di tiup angin"

"oleh karena itu aku sekarang mendatangimu wahai muhammad, tanyalah apa yg hendak kau tanyakan. Jika aku berdusta ,aku akan di caci oleh setiap musuhku. Tidak ada sesuatu pun yang paling besar menimpaku daripada cacian dari musuhku."

*Rasulullah bertanya "kalau kau benar jujur, siapakah manusia yg paling kau  benci?"

iblis menjawab :" Kamu, kamu dan orang sepertimulah yg paling aku benci"

"siapa selanjutnya?"

"pemuda yg bertakwa yg memberikan dirinya mengabdi kepada Allah SWT"

"Lalu siapa lagi?"

"Orang alim dan wara'(Loyal)"

"siapa lagi"

"seorang fakir yang sabar dan tak pernah mengeluhkan kesulitannya kepada lainnya"

"apa tanda kesabarannya?"

"Wahai muhammad, jika ia tidak mengeluhkan kesulitannya kepada orang lain selam 3 hari maka Allah akan memberi orang2 yang bersabar"

"selanjutnya apa?"

"orang kaya yg bersyukur"

"apa tanda kesyukurannya?"

"ia mengambil kekayaannya dari tempatnya dan mengeluarkannya juga dari tempatnya"

"Orang seperti Abu Bakar,menurutmu??"

"ia tidak pernah menurutiku di masa jahiliyah, apalagi dalam islam"

"Umar Bin Khattab?"

"demi Allah,setiap berjumpa dengannya aku pasti kabur"

"Usman Bin Affan?"

"aku malu kepadanya"

"Ali Bin Abi Thalib?"

"aku berharap darinya agar kepalaku selamat, dan berharap ia melepaskan ku dan aku melepaskannya tetapi ia tak akan mau melakukan itu."


Tidak ada komentar:

Posting Komentar